Business plan merupakan salah satu cara agar bisnis Anda bisa berhasil. Sangat penting bagi Anda untuk mengenal business plan sebelum membangun usaha. Hal ini karena calon wirausahawan disarankan untuk merancang konsep usaha yang akan dibangun terlebih dahulu. Tanpa perencanaan bisnis yang matang, Anda tidak akan tahu arah dan tujuan suatu usaha yang sedang Anda jalani. Suksesnya seorang wirausahawan atau pemilik sebuah usaha bisnis sangat berkaitan dengan ide atau gagasannya yang berhasil.

Selain Bisnis Plan ketika berniat mendirikan sebuah bisnis, ide cemerlang belum cukup untuk membuat bisnis sukses. Ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan. Oleh karena itu studi kelayakan bisnis juga perlu untuk dilakukan. Meskipun penting dilakukan, akan tetapi banyak pengusaha yang kerap mengabaikan studi kelayakan ini. Akibatnya, sebagian usaha yang dilakukan terkadang menemui jalan buntu atau bahkan gulung tikar.

Studi Kelayakan (Feasibility Study) adalah kajian yang dilihat dari berbagai segi aspek baik aspek legalitas, aspek teknis, pemasaran, sosial ekonomi maupun manajemen dan keuangan, yang hasilnya digunakan untuk mengambil keputusan suatu proyek dijalankan, ditunda, atau tidak dijalankan. Studi kelayakan dibutuhkan oleh banyak kalangan, terutama bagi para investor, bank selaku pemberi kredit, dan pemerintah yang memberikan fasilitas tata peraturan hukum dan perundang-undangan, yang tentunya kepentingan semuanya itu berbeda satu sama lainya.

Tanpa persiapan yang matang hal tersebut mungkin dapat menyebabkan seorang entrepreneur mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnisnya. Untuk mengurangi resiko kegagalan tersebut, alangkah baiknya seorang pemilik bisnis menyiapkan sebuah rencana bisnis atau studi kelayakan terlebih dahulu secara matang. Perencanaan bisnis dan studi kelayakan yang baik dapat membuat usaha Anda menjadi lebih matang dan sukses.

Untuk mengetahui secara lebih dalam mengenai business plan dan studi kelayakan, ada beberapa buku literasi berikut ini!

1. Business Plan – Bagaimana Memulai dan Menjalankan Bisnis Baru

Bagaimana memulai rencana bisnis untuk para wirausahawan baru? Buku ini dapat dijadikan pedoman praktis bagaimana menyusun rencana bisnis Anda. Diulas dengan sederhana dan mudah dipahami, tentang bagaimana logika dan alur berpikir ketika seorang wirausahawan baru harus menetapkan rencana bisnisnya. Dengan adanya rencana diharapkan segala kemajuan atau kekurangan di bisnis baru yang dijalankan dapat segera diketahui. Dengan demikian tindakan koreksi atau perbaikan juga dapat segera dilakukan. Tambahan lagi, rencana bisnis yang terdokumentasi dan terstruktur dengan baik, dapat menjadi media komunikasi dengan calon mitra bisnis. Buku ini perlu Anda baca sebagai pelengkap khazanah pengetahuan praktis merencanakan bisnis baru Anda.

Buku ini bisa di dapatkan di Gramedia atau Marketplace Official Store Berikut ini :

👉 https://shope.ee/9ejQA9jLeK

2. Studi Kelayakan Bisnis – Pendekatan Praktis

Pembukaan atau pengembangan bisnis baru senantiasa memerlukan studi kelayakan bisnis meskipun dengan tingkat intensitas yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pemahaman terhadap penyusunan studi kelayakan bisnis sangat penting, baik bagi dunia bisnis maupun bagi dunia akademis. Bagi para pelaku bisnis buku ini penting untuk membantu dalam mengambil keputusan bisnis, sedangkan bagi kalangan akademisi buku ini penting untuk memahami langkah-langkah praktis dalam penyusunan studi kelayakan bisnis

Buku ini bisa di dapatkan di Gramedia atau Marketplace Official Store Berikut ini :

👉 https://shope.ee/6pPEn3VJAn

Setelah mendalami literasi tentang Business Plan dan Studi Kelayakan anda juga membutuhkan dukungan dari pihak independen untuk melakukan kajian dan analisis kelayakan atas rencana bisnis anda. Kami sebagai konsultan dapat menjadi pihak ketiga yang ditunjuk oleh anda untuk pembuatan business plan dan studi kelayakan untuk melakukan kajian secara objektif dan independen.

Kontak kami : https://investaadvisor.com/kontak/