Tahapan Dalam Membuat dan Menyusun Bisnis Plan

Ada banyak pebisnis yang sering melupakan membuat bisnis plan. Padahal bisnis plan sangat penting untuk membuat bisnis berjalan dengan baik. Hampir semua pakar ekonomi atau usaha, pasti menyarankan untuk membuat bisnis plan serinci mungkin. Ada beberapa hal yang tertulis dalam bisnis plan. Seperti misi, visi, strategi, masalah pendanaan dan masih banyak lainnya. Semua hal harus anda tulis sedetail mungkin. Dengan menggunakan bisnis plan, anda bisa tahu hal apa saja yang harus anda lakukan. Untuk lebih jelasnya berikut ini tahapan membuat bisnis plan.

Kenali Bisnis yang Anda Jalankan.

Langkah pertama sebelum membuat sebuah bisnis plan adalah mengenali bisnis tersebut. Anda perlu benar-benar memahami bagaimana bisnis tersebut berjalan, dalam bidang apa bisnis tersebut, apa jenisnya, dan bagaimana menjalankannya. Anda juga perlu mengetahui kekuatan dan kelemahan bisnis yang Anda jalani tersebut. Jika sudah benar-benar mengenali bisnis, Anda bisa dengan mudah membuat bisnis plan dan tentunya dapat dengan mudah menjalankan bisnis tersebut sehingga bisa menjadi pengusaha yang sukses.

Membuat Visi dan Misi.

Visi dan misi sangat penting dalam pendirian sebuah organisasi, baik organisasi bisnis maupun lainnya. Oleh karena itu, agar Anda sukses menyusun bisnis plan, Anda harus membuat visi dan misi untuk bisnis tersebut. Visi merupakan tujuan jangka panjang dari sebuah bisnis yang akan dijalani dan harus bisa dicapai. Sedangkan, misi merupakan tujuan jangka pendek yang harus dilalui perusahaan untuk mencapai visi. Anda perlu membuat visi dan misi dengan tetap dan tentunya yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalani. Dengan demikian bisnis plan bisa sesuai dengan tujuan perusahaan yang ingindicapai. Janganlah mengubah visi dan misi yang telah dibuat sejak awal, namun ubahlah cara kerja bisnis Anda agar sesuai dengan visi dan misi tersebut.

Membuat Ringkasan Rencana Bisnis.

Langkah sukses untuk menyusun sebuah bisnis plan adalah membuat sebuah ringkasan singkat yang berisi tentang berbagai rencana perusahaan. Buatlah dengan singkat namun tetap jelas agar tidak terlalu panjang dan bertele-tele. Bisnis plan bukanlah sebuah novel yang berisi cerita-cerita, namun hanya sebuah ringkasan atas acuan bisnis. Bahkan, Anda hanya memerlukan selembar kertas saja untuk membuat rencana ini karena hanya menulis hal-hal penting dalam bisnis. Menulis singkat dapat menghemat waktu dan tidak akan membuat orang malas membacanya. Selain itu, rencana yang singkat juga tidak akan mudah dimengerti semua orang sehingga rencana tidak akan mudah ditiru kompetitor.

Buatlah Ringkasan Secara Detail.

Meskipun Anda hanya perlu membuat ringkasan, Anda tetap harus detail dalam membuatnya. Dalam sebuah bisnis plan harus memuat kejelasan bisnis, produk apa yang dijual, cara memproduksi produk tersebut, dan bagaimana pangsa pasarnya. Selain itu, Anda juga harus menulis bagaimana cara memasarkan produk tersebut sehingga mendapatkan uang dan bagaimana manajemen bisnisnya. Berapa banyak tim yang Anda butuhkan, akankah tim besar atau tim kecil. Tidak kalah penting juga Anda perlu membuat analisis pemasaran, produk, manajemen, dan analisis keuangan untuk ditulis dalam bisnis plan. Dengan semua analisis tersebut diharapkan bisnis dapat berjalan sesuai rencana dan tentunya bisa semakin berkembang.

Miliki Sikap Teliti.

Dalam membuat sebuah bisnis plan, Anda sebagai pengusaha harus selalu memiliki sikap teliti dalam semua hal. Ketelitian sangat penting untuk berdirinya sebuah perusahaan, termasuk dalam penulisan rencana bisnis. Bisnis plan yang ditulis dengan teliti dan tidak tergesa-gesa akan menghasilkan sesuatu yang pasti dan tidak akan menimbulkan berbagai pertanyaan oleh semua tim pelaku bisnis.

Deskripsikan Bisnis Anda.

Hal pertama yang harus anda tulis dalam tahapan membuat bisnis plan adalah deskripsi mengenai bisnis anda. Buat deskripsi dengan singkat, jelas dan detail. Misalnya bidang usaha yang akan anda buat. Jenis barang atau jasa yang akan dijual. Lalu tulis juga mengenai potensi bisnis tersebut, di waktu sekarang dan waktu mendatang. Jangan lupa menulis manfaat bisnis anda untuk konsumen, peluang pasar, tempat produksi, tempat pemasaran, tantangan, kendala dan masih banyak lainnya. Tulis semua hal tersebut dengan detail dan singkat. Termasuk visi dan misi bisnis anda.

Lakukan Analisa Pasar Dan Pesaing.

Tahapan membuat bisnis plan selanjutnya adalah menganalisis pasar dan pesaing. Melakukan analisis sebelum membuka bisnis sangatlah penting. Anda harus tahu seperti apa keadaan pasar kali ini. Apakah cocok dengan produk anda atau tidak. Dengan melakukan analisis pasar, anda jadi tahu untuk menentukan target pembeli dan juga target penjualan yang akan anda capai. Tulis analisis tersebut secara detail, seperti cara iklan, kebutuhan konsumen. Penyaluran bisnis, besar dana dan lainnya. Untuk analisa pesaing, anda harus tahu seperti apa keadaan toko lain yang menjual produk sejenis. Buatlah strategi jualan yang tidak mudah di tiru dan lebih efektif.

Desain, Pengembangan, Operasional Dan Managemen.

Dalam tahapan membuat bisnis plan ini, anda harus memperhatikan desain, pengembangan, operasional dan managemen. Anda harus membuat desain bisnis yang akan anda jalankan dan bagaimana cara mengembangkannya. Desain bisa berupa tahap perencanaan yang akan anda lakukan. Dari pengembangan ini, anda juga membuat rencana anggaran yang dibutuhkan bisnis anda. Selain menentukan desain dan pengembangan, anda juga harus memperhatikan operasional dan managemennya. Bagaimana nanti masalah pembagian tugas managemen, prosedur penugasan. Anggaran, pengeluaran dan lain sebagainya. Lalu managemen apa yang akan anda lakukan nantinya.

Anggaran Dan Pembiayaan.

Masalah anggaran dan pembiayaan merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis. Ketika membuat tahapan membuat bisnis plan, anda harus membuat anggaran dan pembiayaan secara detail. Rincian keuangan harus ditulis dengan rinci. Seperti jumlah modal awal, pembelian produk, alat dan lainnya. Ini akan membantu memudahkan anda dalam menulis rincian laporan keuangan setiap bulannya. Sebuah bisnis dapat bangkrut hanya karena uang. Oleh karena itu masalah keuangan, harus anda tulis sebaik mungkin dan rinci.

Kesimpulan.

Hal terakhir tentunya membuat kesimpulan dari bisnis yang akan anda buat. Tulis secara ringkas dari semua hal yang sudah anda tulis diatas. Anda bisa menambah kapan target waktu yang anda tentukan. Kapan membeli barang, kapan membuka bisnis dan lain sebagainya. Dengan mematuhi jadwal tersebut akan membuat bisnis anda berjalan sesuai rencana. Jika anda membutuhkan investor, bisnis plan ini sangat dibutuhkan. Mereka pasti akan melihat bisnis plan anda terlebih dahulu, sebelum menyetujui perjanjian bisnis. Itulah tahapan membuat dan menyusun bisnis plan yang benar dan mudah.

Sumber :
www.hanamera.com
www.jurnal.id